SMPN 5 Mandau dari masa berdiri telah terjadi beberapa kali perubahan nama. Awal berdiri yang saat itu masih menumpang di bangunan SD Negeri dengan nama SLTP 12 Mandau.
Tahun 2003 SLTP 12 Mandau ini pindah ke bangunan permanen saat ini yang dibangun oleh Pemda Kab. Bengkalis dengan pimpinan ibu T. Naima, A.Md. Pada awal sekolah baru ini hanya mempunyai 4 (empat) rombel saja dengan jumlah bangunan kelas yang terbatas. Sekira tahun 2004 SLTP 12 Mandau berganti nama menjadi SMPN 8 Mandau.
Seiring waktu sekolah terus berkembang, rombongan kelas (rombel) terus bertambah, pembangunan sekolah juga semakin berkembang dengan diiringi penambahan sarana dan prasarana.
Pada September 2017 terjadi pergantian pimpinan dari T. Naima, S.Pd kepada Dra. Rosmawati. Dengan adanya pemekaran wilayah kecamatan di Kabupaten Bengkalis, maka SMPN 5 Mandau terimbas penggantikan nomor sekolah, pemerintah Kaupaten Bengkalis mengeluarkan nomenkelatur baru yang terhitung 26 Januari 2018 SMPN 8 Mandau menjadi SMPN 5 Mandau.
Meski sekolah tetap pada bangunan pada posisi tetap, namun pucuk pimpinan sekolah selalu beranti. Pada 25 Maret 2019 sampai dengan saat ini, SMPN 5 Mandau dipimpin oleh ibu Hj. Res Dwi Windu Kresna, M.Pd yang sebelumnya sekira 2 (dua) bulan pernah juga dipimpin sementara oleh bapak Nasrizal, S.Pd.
SMPN 5 Mandau selalu berbenah dalam semua hal. Baik sarana, prasarana, peningkatan kompetensi siswa dan guru serta peningkatan Imtaq. Personal selalu saling bahu membahu, peduli, dan melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing.
Saat ini SMPN 5 Mandau mempunyai 25 rombel. siswa 746 dan dengan jumlah tenaga pengajar serta tenaga kependidikan sejumlah 59 orang.
SMPN 5 Mandau selalu mendukung program pemerintah khususnya pemerintah daerah. Dan akan selalu membutuhkan dukungan semua pihak demi suksesnya Visi dan Misi Sekolah.